Latest News

Jadwal dan menu makan bayi 7 bulan

Baby Sky | | Pada usia 7 bulan bayi sudah tumbuh gigi depan (seri) berfungsi untuk memotong makanan. Walaupun sudah memiliki gigi , bukan berarti sudah mampu melumat makanan selayaknya kita , oleh karena itu tekstur makanan yang diberikan harus halus dan mudah ditelan seperti saat dia masih berusia 6 bulan. Begitu juga dengan jadwal makan , masih tetap sama dengan anak 6 bulan , bedanya hanya terletak pada jumlah yang diberikan. Dimana semakin bertambahnya usia maka kapasitas lambung akan semakin besar , aktivitasnya juga semakin banyak oleh karena itu jumlah makanan yang diberikan juga harus ditambah secara bertahap.



Jadwal makan bayi 7 bulan sebagai berikut:

  1. Pagi hari setelah selesai mandi dan berjemur sebentar bayi diberi ASI ,  15 - 30 menit setelah itu beri makan bayi sebanyak 3 - 5 sendok makan. Sebaiknya sebelum makan diberi ASI (susu) terlebih dahulu.
  2. Siang hari setelah bayi bagun dari tidur siang beri sari buah / pisang / pepaya / jeruk yang kulit arinya sudah dibuang. Setelah selesai makan buah ajarkan dia menggenggam biskuit sendiri sebagai makanan selingan.
  3. Sore hari setelah mandi , susui bayi baru diberi makan sebanyak 3 - 5 sendok juga. Kalau kami sering memberi makan anak sebelum mandi , alasannya karena biasanya bayi akan kotor (belepotan) setelah diberi makan , dan setelah mandi kami hanya memberi cemilan berupa biskuit bayi. 
  4. Di malam hari biarkan bayi menyusu sepuasnya.
Adapun menu dan resep makan bayi 7 bulan:
  1. ASI masih tetap sebagai makanan utama
  2. Bubur susu , resep dan cara membuatnya lihat di sini.
  3. Nasi tim , Nasi + lauk pauk + sayur ditanak lunak secara bersamaan , jika teksturnya cukup lunak bisa diberi langsung namun jika teksturnya agak kering maka sebaiknya digiling terlebih dahulu sebelum diberi pada bayi.
  4. Makanan selingan; sari buah , potongan pisang/ pepaya dan beerbagai jenis biskuit bayi. 
Biasakan variasi lauk pauk dan sayuran setiap kali membuat nasi tim , selain itu sebaiknya diberi dalam keadaan segar (masakan baru). Beberapa jenis lauk sumber protein untuk bayi 7 bulan;
  • Ikan tuna , mengandung protein tinggi sangat disukai bayi karena tekstur dagingnya yang lembut. Bisa disup atau digoreng dengan sedikit minyak. 
  • Daging sapi dan ayam sebaiknya dilumatkan , karena tektur serat dagingnya agak sulit ditelan anak.
  • Telur , direbus atau dioseng-oseng. Jika direbus sebaiknya dilumatkan dulu.
  • Tahu disup dapat langsung diberikan pada bayi.
  • Tembe disup tapi harus dilumatkan juga agar mudah ditelan anak.
Jenis sayuran yang cocok untuk bayi 7 bulan:
  • Bayam , dapat langsung ditanak bersama nasi tim. Sayur bayam sangat cocok untuk bayi selain mudah dilunakkna juga sangat bergizi.
  • Wortel , sama halnya dengan bayam.
  • Semua jenis sawi , sebaiknya dicincang halus sebelum ditanak bersama nasi tim karena serat sawi sulit dimasak hingga lunak. 
  • Jipang , sama halnya dengan wortel dan bayam.
  • Brokoli dan kol bunga , mudah dimasak hingga lunak.
Itulah jadwal dan menu makan bayi 7 bulan yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan panduan posyandu ,  semoga bermanfaat terutama bagi pasutri yang baru memiliki anak pertama. Saran dan komentar sanagat berharga , sebagai referensi tambahan untuk pembaca lainnya. 

0 Response to "Jadwal dan menu makan bayi 7 bulan"