Latest News

Tidak Boleh Membedong Ketat Bayi terutama Paksa Luruskan Kaki Bayi

Baby Sky | |

Tidak Boleh Membedong Ketat Bayi terutama Paksa Luruskan Kaki Bayi Dalam keseharian membedong bayi (swaddling) sangat umum dilakukan pada bayi gres lahir. Namun umumnya orang tidak mengetahui tjuan yang benar dari maksud membedong bayi ini , oleh sebab itu membedong bayi sendiri harus diluruskan tujuan serta teknik yang benar.Umumnya orang mempercayai mitos bahwa  membedong bayi itu harus dengan ketat , dimana sebelum mulai akan  membedong bayi , maka kaki bayi harus ditekan dan juga diluruskan dengan tujuan semoga dapat mencegah perkembangan kaki bayi di masa mendatang berbentuk O / tidak normal. 

Padahal umumnya  anak yang masih usia kurang dari 2 tahun umumnya bentuk kakinya cenderung O , lalu kemudian berbentuk X sekitar usia 2 tahun. Apabila Ibu khawatir akan  bentuk kaki dan  perkembangan kaki anak tidak normal maka baiknya segera konsultasikan dengan dokter anak. 

Anak saat masih di dalam Rahim Ibu posisi kaki janin menyilang dan tertekuk mirip ilustrasi pada gambar diatas.

Kemudian  ketika bayi sudah lahir maka posisi kaki bayi juga masih tertekuk (fleksi) atau mirip katak (frog) mirip pada gambar diatas.

Oleh sebab itu saat kaki bayi yang masih berupa tulang rawan kemudian dipaksa diluruskan dan ditekan  kemudian di bedong dengan ketat maka hal itu akan sangat membahayakan bayi , Hal itu dapat menyebabkan hip dysplasia (kegagalan sendi panggul untuk berkembang secara normal) dan hip dislocation (dislokasi panggul). Ilustrasinya mampu di lihat pada gambar diatas.

Membedong bayi dengan ketat juga dapat menjadikan terganggunya pernafasan bayi secara normal. Selain itu juga membedong bayi dengan ketat Juga dapat mengganggu proses menyusui. Karena menyusui terutama di minggu-minggu pertama kelahiran bayi sangat dianjurkan Ibu dan bayi melaksanakan kontak kulit dengan kulit (skin to skin contact) , Ibu bertelanjang dada dan bayi pun tidak dibedong , hanya mengenakan popok. Cukup pastikan ruangan hangat dan jika masih cuek Ibu dan bayi diselimuti. Bayi perlu tangannya bergerak bebas untuk mencari posisi menyusui dan pelekatan yang nyaman dan baik. Membedong dengan berpengaruh akan dapat menghalangi bayi menunjukkan tanda ingin menyusui (Feeding Cues.

Tujuan utama dari membedong bayi yang benar ialah untuk menghangatkan dan memberi kenyamanan bagi bayi , terutama bayi gres lahir. Seiring bayi makin besar maka bayi tidak nyaman untuk dibedong walaupun tujuannya untuk menghangatkan dan Ibu/pengasuh dapat memakaikan baju yang cukup tebal dan hangat saja.

Itulah artikel kami mengenai tujuan dari " tidak boleh membedong ketat bayi terutama paksa luruskan kaki bayi". Semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi blog kami.

sumber : Fb Fatimah Berliana Monika Purba

0 Response to "Tidak Boleh Membedong Ketat Bayi terutama Paksa Luruskan Kaki Bayi"