Selasa, 25 Juli 2017

Mitos: Manfaat Kopi Untuk Bayi

Baby Sky | | Begitu banyak mitos perihal bayi di sekitar kita , sebagai orang renta kita harus bijak menyikapinya. Jangan menjustifikasi secara berlebihan tanpa ada tumpuan yang sempurna , karena pada dasarnya mitos itu berdasar pada pengalaman orang-orang renta terdahulu yang dilakukan secara berulang , diwariskan turun temurun. "Bayi minum kopi dapat mencegah step" , kalau dikaji dalam benak sendiri , pastinya akan muncul kontroversi. Oleh karena itu jangan memutuskannya berdasarkan opini pribadi , alangkah baiknya membaca banyak sekali tumpuan ilmiah perihal kopi semoga tiada keraguan dalam merawat . 

Orang renta di tempat saya banyak sekali menganjurkan semoga bayi diberi minum kopi maksimal 3 sendok teh. Yang menyuruh bukan saja ibu-ibu dan nenek-nenek , tapi sewaktu saya nongkrong di warung kopi ada juga bapak-bapak yang menyarankan demikian. Umumnya mereka mengatakan bahwa minum kopi tersebut dapat mencegah step. Karena penasaran jadinya saya browsing perihal pengaruh kopi terhadap bayi.

Maaf hasil browsing tersebut tidak ada yang terang , sehingga saya tidak memuat dan mereferensikan satupun diantaranya. Adapaun sikap saya terhadap mitos bayi minum kopi ini adalah; saya menuruti proposal orang-orang renta tersebut , hanya saja sebaiknya dilakukan setelah anak berumur 6 bulan , karena sebelum 6 bulan sebaiknya tetap pada konsep ASI eksklusif. 

Logika yang saya gunakan sederhana saja , di dalam kopi ada zat-zat bermanfaat bagi badan , memang ada juga yang kurang baik. Prinsip saya , semua makanan dan minuman itu baik , asal tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Kalau berlebihan... Air putih sekalipun mampu menjadi minuman berbahaya kok , gak percaya? Coba aja anda minum air putih satu galon sekaligus , saya yakin bakalan bahaya... heheh.

Lagi pula mitos bayi minum kopi ini bukan gres kemarin sore... tapi telah dilakukan orang-orang terdahulu mungkin semenjak ratusan tahun yang lalu. Saya juga bertanya pada orang yang menganjurkan tersebut , "apa beliau dulu waktu kecil diminumkan kopi? jawab mereka "iya" , dan ternyata samapi sekarang  mereka masih sehat-sehat aja tuh.. :)

Mungkin itulah pendapat sementara saya perihal memberi kopi pada bayi , sebagai pembaca blog sederhana ini saya sangat menganjurkan anda untuk mencari tumpuan ilmiah dalam menyikapi mitos terutama bila mitos tersebut berkaitan dengan . Jika tidak ketemu kajian ilmiahnya barulah gunakan budi dan opini pribadi. Saya juga berharap , para pembaca artikel ini mampu menambahkan pendapat melalui form komentar , semoga kita semua mampu menjadi lebih paham perihal topik ini , untuk itu saya hanya mampu berterima kasih... :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar