Senin, 24 Juli 2017

Jalan-jalan ke Kuntum Farm Field

Baby Sky | |
Beberapa ahad lalu , emaknya baby Z pengen ngajak si bayi "Pengenalan Hewan". Berhubung hingga usia 1 tahun , hewan yang ia lihat gres kucing , cicak , semut dan kecoa (hahahaha). Eh , lebih deng. Pernah lihat ikan-ikanan dan bintang laut ketika pergi ke SEA Aquarium. Juga ayam dan burung yang kadang ditemui ketika keliling kompleks. Yah intinya , untuk memperkaya khazanah jenis fauna , kami harus lihat hewan langsung! Bukan sekedar lihat di buku cerita.


Salah satu kandidat tujuan yaitu Kebun Binatang Ragunan , atau Fauna Land di Ancol. Namun setelah dipertimbangkan , Ragunan pasti rame kayak cendol , sedangkan Fauna Land cukup mahal tiket masuknya. Akhirnya kami ke... Kuntum Farm Field di Bogor!

Rombongan kami terdiri dari: gue , bapake , baby Z , juga adikku yang sedang di Jakarta. Lalu ada mas N , ponakan yang hari itu dititipkan ke kami alasannya yaitu ibunya sedang pelatihan. Plus bibiknya N. Plus ajak bibik S yang kerja di rumah , supaya bibiknya N ada teman. Plus ajak bibik T yang kerja di mertua , alasannya yaitu kasihan kalo yang lain pada jalan-jalan , ia di rumah sendirian. Total 8 orang di dalam mobil. Kami pun pinjam kendaraan beroda empat mertua yang kapasitasnya besar. Hari itu kami pengen nyenengin banyak orang. Lets go!

Terima kasih ya para bocah yang baik , anteng selama perjalanan. Nyemil teruuuusss :D

Tak dinyana , perjalanan ke Bogor diwarnai hujan deras dan macet. Perbekalan para bocah habis sebelum hingga di tujuan. Aku ketar ketir , berangkat jam 9.30 dari Jakarta , jam 12 siang masih belum masuk Bogor. Aku udah rese nyuruh bapake melipir ke mall terdekat aja alasannya yaitu takut bocah-bocah kelaparan. Tapi dengan keukeuh bapake bilang , "Tuh di Google Maps 20 menit lagi sampe..." diulang-ulang terus ngomong gitu dari 1 jam sebelumnya :))) Alhamdulillah jam 1 kesannya kami hingga di Kuntum ketika hujan gres aja reda! Rejeki mampu jalan-jalan di Kuntum , subhanallah!

Kami pun eksklusif menuju restoran yang ada di wilayah Kuntum. Tempatnya outdoor , namun masih ada atapnya. Banyak kucing berkeliaran di sana , menanti sisa tulang belulang dari ikan bakar yang dipesan pengunjung. Menu yang kami pesan ikan bakar , ikan goreng , ayam lada hitam , nasi goreng , tumis toge , udang goreng tepung. Kalap pesan kebanyakan , lapar sih. Ternyata rasanya... so so. Lumayan lah jikalau lagi kelaparan berat dan kepepet , tapi untuk kembali lagi ke sana? Hmmm... Enggak deh. Alangkah baiknya sebelum ke Kuntum sudah makan dulu sih. Karena keluar tol Bogor bahu-membahu banyak banget resto yang 'nggenah' atau fast food yang terjamin bersih , tapi alasannya yaitu buru-buru jadi terlewat semua.


Lalu petualangan kami di Kuntum pun dimulai. Memasuki Kuntum , kami disambut 'pasar' yang menjual hasil kebun dan aneka produk buah tangan yang unik , menyerupai camilan khas Bogor , ataupun olahan tanaman herbal. Oke , kami nggak berlama-lama di sini. Wilayah ini mampu dinikmati sepulangnya kami nanti. O iya , di wilayah inilah kami membeli tiket masuk serta makanan ikan seharga Rp 5.000 sebungkus.

Pertama kali masuk , kami disambut wilayah ikan. Ikannya bermacam-macam , yang kuingat sih ada koi dan lele. Seru deh lihat lele besar-besar , begitu dikasih makan eksklusif hap hap hap , dipatil makanannya. Jangan sampe nyemplung ke kolam lele yaaaa nak anak!


Lalu ada wilayah hewan pengerat: kelinci dan marmut. Kandangnya cozy deh , super besar , dimana hewan-hewan dibiarkan bertebaran. Sayangnya karena weekend itu rame , kelinci-kelinci sudah pada kekenyangan diberi makan. Pas kami sodorkan sayuran , kelinci udah gak minat. Maunya cuma leyeh-leyeh di pojokan.

Menawarkan sayur ke kelinci yang kekenyangan = gak digubris , hehehe
Penjualan camilan dan makanan hewan
Untung marmutnya masih kelaparan. BTW Baby Z masih malu-malu lihat hewan berbulu gini...
Ada sangkar sapi , sangkar kambing... Baby Z kurang menikmati alasannya yaitu masih takut-takut. Emaknya pun kurang menikmati alasannya yaitu ada bau-bau sedap (wahahaha). Yang seru , ada sangkar domba yang terbuka bebas , dimana belum dewasa kecil boleh masuk dan bermain sama domba. Aku pun menyempatkan pegang bulu domba , yang ternyata bertekstur menyerupai wool tebal dan empuk. Gemesss!!! Sensasi rasanya tak terlupakan.

Baby Z takut lihat kambing


Naik Kuda di Kuntum Farm Field

Melihat ranch kecil di Kuntum , terpengaruhi deh buat coba naik kuda. Kami tawarkan ke Z , mau naik kuda nggak? Sambil dekat-dekat kudanya. Awalnya sih ia takut (huhuhu masih takut semua binatang nih) , tapi lama-lama penasaran setelah tau bapaknya mau naik kuda sama mas N. Belilah kami tiket naik kuda , Rp 30.000 untuk 1 putaran. Bentar banget sih itu 1 putaran , tapi gak papa lah , sekali-sekali.


Aku pun naik kuda bersama baby Z. Ngeri juga sih naiknya , alasannya yaitu pengamanku hanya pegangan ke kuda plus dijagain bapak-bapak penjaga kudanya. Aku berusaha jaga keseimbangan , ajudan pegangan kuda , tangan kiri pegangin baby Z di depanku. Awalnya dia excited , kemudian langsung cranky setelah kudanya jalan. Tuplak tuplak tuplakkk... Baby Z pun balik tubuh memelukku sambil merengek. Kucoba menghibur hingga habis 1 putaran. Untung track-nya pendek ya nak :p
Ibuk sumringah , anak ketakutan.


Buat anak 1 tahunan , bahu-membahu playground paling menyenangkan ya dimana ada lahan kosong , sehingga ia mampu lari-lari. Beberapa kali baby Z kabur nggak mau dipegangin , lari kesana-sini. Alhamdulillah kau senang ya nak...

Jalan-jalan sama mbak S & mbak T



Di perjalanan ini , gue dan suami dibuat terharu alasannya yaitu para mbak berterima kasih sudah diajak jalan-jalan , refreshing dari acara domestik di rumah. Mas N pun bilang , "Oom , hari ini seru banget ya!!" Rasanya nggak sia-sia kami menempuh hujan dan macet ke Bogor. Semua bahagia :)


Kalo belum ada baby Z , mungkin kami nggak akan tertarik ke Kuntum. Kebiasaan weekend kami jaman dulu paling jauh hanya jalan ke mall , pemalas banget yaaa. Kaprikornus kami bersyukur di usia baby Z yang mulai penasaran segala sesuatu , kami harus cari-cari acara positif dan edukatif. Ternyata Kuntum SERU BANGET dan RECOMMENDED! Bahkan buat orang cerdik balig cukup akal pun , banyak acara yang mampu dilakukan di sini menyerupai menangkap ikan , memetik sayuran , dan ada padepokan untuk program khusus.

Informasi: 
Alamat Kuntum: Jalan Raya Tajur No.291. Jawa Barat - BOGOR
Jam Buka: Senin-Minggu 8.00 (Pagi) - 18.00 (Sore)
HTM: Rp.40.000/Org (siapkan uang lebih untuk beli makanan binatang dan jikalau mau naik kuda)

Kamu ada rekomendasi kawasan menarik lainnya kah buat weekend bersama bocah? Share yaaa ^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar