Selasa, 25 Juli 2017

Fakta Seputar Bayi Terlihat Kurus

Baby Sky | | Bayi gemuk dan molek begitu menggemaskan , Tapi ingat loh ya.. 'Bayi gemuk belum tentu sehat' , ringkasannya bisa dibaca di sini. Kali ini aku hanya ingin menyebarkan pengalaman perihal bayi kurus. Pada kegiatan posyandu sering sekali para ibu bertanya pada petugas perihal cara meningkatkan berat tubuh bayi , padahal ketika itu berat anak mereka dalam keadaan normal. Kenapa kok harus bertanya cara menggemukkan bayi? Itulah karena kita para orang bau tanah masih kurang paham perihal perkembangan normal . Kita hanya mengedepankan ego dan persepsi bahwa bayi gemuk itu terlihat menggemaskan.


Orang bau tanah yang baik tentu tidak mengedepankan ego dan impian semata , tapi lebih mengutamakan kesehatan anak. Ingat bu... Obesitas (kegemukan) dapat memperlambat perkembangan psikis anak , bahkan dapat merusak struktur tulang bayi karena tulang mereka tidak bisa menopang berat badan.

Bayi terlihat kurus pada dasarnya karena kita membandingkan dengan anak kecil lainnya. Untuk itu jangan membandingkan postur tubuh anak kita dengan anak orang lain , cukuk timbang berat tubuh secara rutin dan bandingkan pada grafik kenaikan berat tubuh bayi normal yang ada di buku posyandu. Itu jauh lebih aman daripada membandingakannya dengan bayi lain.

Kenaikan bayi normal akan terlihat terperinci pada umur 2 - 7 bulan , alasannya ialah ketika itu kegiatan anak belum banyak , hanya menyusu , tidur dan sedikit berguling. Secara perlahan pertambahan berat tubuh akan menurun setelah anak terpelajar merangkak , bangun apalagi berjalan. Jika pertambahan anak tetap pesat walaupun sudah terpelajar merangkak dan berjalan sebaiknya konsultasi dengan dokter anak , mungkin contoh perlindungan makan pada bayi tersebut tidak tepat.

Sangatlah biasa bayi yang sudah aktif bergerak (merangkak dan berjalan) terlihat lebih kurus daripada bayi umur 5 - 6 bulan , jadi jangan terlalu cemas , yang penting bayi dalam keadaan sehat , cukup makan , bermain dan tidur. Tidak perlu memforsir anak untuk mengkonsumsi banyak sekali jenis menu makanan bayi , cukup ikuti saja contoh makan sesuai tawaran pada kegiatan posyandu. Memberi mereka makan berlebihan dapat menimbulkan obesitas.

Bayi dapat dikatakan kurus apabila berat tubuh mereka dibawah garis normal. Kenaikan berat tubuh bayi normal dapat diminta pada dokter anak atau di kegiatan posyandu. Untuk itu sebagai orang bau tanah yang baik , sesibuk apapun kita cobalah sempatkan diri untuk mengikuti kegiatan posyandu ini , alasannya ialah disanalah kita dapat mendapat gosip yang sempurna perihal penanganan bayi yang baik.

Jika berat tubuh anak umur dibawah 6 bulan kurang dari berat normal biasanya penyebab utamanya ialah karena kurang minum ASI. Jika produksi ASI kurang maka bolehlah kita sebagai orang bau tanah memberi susu formula pengganti ASI. Tapi jikalau anak kurang minum susu karena ibunya sibuk bekerja , alangkah baiknya si ibu memerah dan menyimpan ASI tersebut sebelum pergi bekerja , ketika ini sudah banyak dijual alat untuk memerah dan menyimpan ASI. Selalu ada jalan terbaik untuk perkemabangan anak , asal kita sebagai orang bau tanah mau menjalankannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar