Selasa, 25 Juli 2017

Bayi umur 2 bulan susah buang air besar - cara mengatasi

Baby Sky | | Sebenarnya orang renta tidak perlu cemas saat bayi umur 2 bulan susah buang air besar. ASI dapat diserap sistem pencernaan anak secara tepat , sehingga ada kalanya tidak buang air besar sama sekali selama 3 hari bahkan seminggu. Hal itu pernah terjadi pada bayi kami , setelah dikonsultasikan dokter mengatakan normal saja jikalau bayi 2 bulan susah (tidak) buang air besar selama beberap hari , selama ia hanya diberi ASI saja (ASI eksklusif).


Namun demikian , tentu kita sebagai orang renta cemas melihat kondisi bayi susah buang air besar. Oleh karena itu kami juga bertanya pada dokter tersebut apakah anak 2 bulan sudah boleh dikasih buah pepaya , maksudnya semoga buang air besarnya lancar. Ternyata dokter tetap pada pendiriannya , dan bilang "ibunya saja dikasih banyak makan buah".

Bayi 2 bulan susah atau tidak buang air besar beberapa hari dapat terjadi karena produksi ASI hanya sedikit , sehingga semua ASI yang mereka minum tercerna habis tanpa ampas/ sisa. Sekali lagi perlu di ingat bahwa ASI dapat dicerna secara tepat oleh sistem pencernaan bayi. Itulah sebabnya dokter tersebut menganjurkan semoga si Ibu mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak semoga produksi ASI meningkat.

Dengan meningkatnya produksi ASI maka otomatis bayi akan mengkonsumsi susu dalam jumlah banyak , sehingga ada sisa dari proses pencernaan , sisa inilah yang akan dibuang sbagai feses. Kaprikornus masuk nalar bukan?

Akhirnya kami mengikuti saran dari dokter tersebut , dan menunggu. Tepat setelah 3 hari bayi kamipun buang air besar , dan siklus BAB-nya juga menjadi normal. Dari pengalaman ini saya sangat menganjurkan semoga para orang renta jangan terlalu cepat panik dalam merawat bayi 0 - 6 bulan (masa ASI langsung minimal). Sebaiknya Ibu menyusui selalu menjaga kecukupan nutrisi , terutama konsumsi sayur dan buah , jangan melaksanakan diet di masa menyusui anak.

Jangan memberi makanan pemanis selain ASI pada bayi usia 2 bulan dan ini tetap berlaku sampai anak berumur lebih dari 6 bulan. Jangan mengedepankan ego "bayi gemuk terlihat menggemaskan" , karena ego belum tentu baik untuk perkembangan bayi selengkapnya wacana bayi gemuk ini dapat dibaca di sini. Beri ASI saja sesuai kemauan bayi , tidak perlu makanan pemanis karena lambung bayi 2 - 6 bulan belum cukup tepat untuk mencerna makanan lain. Anak usia 0 - 6 bulan hanya boleh diberi susu pemanis (formula) hanya dalam keadaan terpakasa , seperti; ibu menyusui sakit , atau produksi ASI berhenti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar