Senin, 24 Juli 2017

Crafting: Dari Hobi Makara Inspirasi

Baby Sky | |
Assalamu'alaikum!
Beberapa bulan terakhir , saya merasa menyerupai nggak jadi diri sendiri. Rasa-rasanya ada adegan yang kurang dalam hidupku. Aih dramatis ya. Apakah adegan yang kurang itu? Ohhh , ternyata perasaan ini muncul alasannya saya lama nggak melaksanakan hobi crafting!


Sebegitu pentingnya tugas hobi dalam kehidupan , menyerupai 'vitamin' untuk kesejukan jiwa. Melakukan hobi mampu melepas penat. Bikin hati senang. Bisa menjadi sumber penghasilan. Bahkan , mampu jadi pandangan gres buat orang lain. Maka bersyukurlah orang-orang yang masih mampu menyelipkan hobi di tengah kesibukan. Atau bahkan , menyebabkan hobi sebagai pekerjaan sehari-hari.

Menurutku , sebuah hobi dapat menjadi pandangan gres apabila hobi tersebut di-sharing dengan orang lain. Caranya mampu dengan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi serupa sehingga dapat menyebarkan ilmu. Atau , dengan membagikannya di media umum semoga dapat menginspirasi orang lain yang memiliki minat sama.

Dulu , blog ini menjadi daerah saya menuangkan kreativitas. Saat saya mulai menulis blog di tahun 2009 , masih sedikit orang yang memiliki blog. Platform untuk menyebarkan pandangan gres pun masih langka. Tak jarang saya mendapatkan komentar dari pengunjung blog , bahwa isi blog-ku sangat menginspirasi mereka. Senang banget rasanya , jikalau ada yang bilang menyerupai itu. Seolah hidupku jadi lebih bermanfaat , hihihi. Lebay tapi emang bener lho.

Apa aja sih hasil kreativitas yang pernah aku share di blog? Mari bernostalgia :D

1. DIY Project

Coba ngacung siapa yang suka lihat proses kreatif pembuatan suatu barang unik? Atau re-make dari satu barang menjadi barang lain yang lebih bernilai tinggi? Aku suka banget! Apalagi jikalau melihat barang di rumah yang tampilannya biasa , rasanya tangan gatal untuk mengutak-atik.

Misalnya , ada pigura di rumah yang berwarna keemasan , nggak cocok dengan desain rumah yang minimalis. Maka ambillah pylox lalu cat pigura tersebut sesuai warna favorit. Atau ketika trend baju dengan hoodie , saya membuat 'hoodie' sendiri dari shawl katun. Ternyata beberapa sobat suka dan mempraktekkan.

Lalu , saya pun pernah membuat printables boneka kertas bongkar-pasang berhijab. Bahagia banget ketika ada yang tag saya di Instagram bahwa anaknya bermain boneka kertas tersebut. Bahkan ada seorang guru TK di Amerika yang email saya , ia mencetak boneka kertas untuk murid-muridnya. Terharu deh!



Ada kenangan lain yang menarik tentang hobi ini. Beberapa tahun lalu , saya pernah share cara membuat bros dari kain perca. Lalu sebuah komunitas hijab di Surabaya mengundangku untuk menjadi tutor untuk mengajarkan pembuatan bros kepada akseptor dari komunitas dan belum dewasa panti asuhan. Duh , senang sekali rasanya. Apalagi melihat adik-adik panti mampu menyelesaikan bros mereka sendiri dari bahan-bahan yang awalnya tidak terpakai , menjadi sebuah bros bunga yang manis. Semoga bermanfaat ya adik-adik.
Meja laptop portabel dari kardus , dakron dan kain perca


2. Craft Unik
Kerajinan tangan , apalagi yang disertai tutorial pembuatan , pasti mampu menginspirasi orang lain untuk ikut membuatnya. Tahun lalu , saya sempat produktif mendapatkan pesanan talenan lukis untuk hiasan rumah. Berikut ini pola hasil karyaku:





Sayangnya , ketika hamil , saya memutuskan berhenti melukis akhir mual dengan aroma cat. Padahal masih banyak yang menghubungiku alasannya kepingin pesan. Berlanjut hingga sekarang , saya belum mampu memanajemen waktu untuk urusan anak dan domestik dengan melukis talenan.

Kadang suka takjub deh dengan supermoms di luar sana yang anaknya lebih dari 1 , rumah rapi , sambil urus urusan ekonomi pula. Luar biasa! Mungkin memang saya harus merelakan waktu istirahat di malam hari jikalau mau pegang kuas dan cat lagi :D

Nah , melukis talenan tolong-menolong mudah , asalkan ada materi berupa talenan kayu dan cat akrilik. Yang penting harus tabah ketika menggoreskan kuas cat ke permukaan kayu. Kadang catnya nggak menempel rata , sehingga cat harus dioleskan beberapa kali hingga serat kayu tertutup rata.

Untuk membeli peralatan yang diperlukan dalam membuat talenan lukis , dulu saya hingga blusukan ke beberapa pasar dan toko. Ternyata nggak harus repot-repot lho. Dari rumah , semua mampu dicari. Di BukaLapak (www.bukalapak.com) talenan kayu dan cat akrilik tersedia lengkap!



Metode pembayaran di BukaLapak pun bermacam-macam , mampu transfer , pakai credit card , e-banking , juga mampu bayar di Indomaret dan Alfamart. Banyak pilihan plus terjamin aman uangnya.

Sekarang nggak ada alasan menunda melaksanakan hobi. Alat dan materi mudah dicari , hanya butuh menyediakan waktu saja untuk berkreativitas. Gimana , ada yang berminat membuat talenan lukis menyerupai aku? Hehehe.

---
Tulisan ini diikutsertakan pada kompetisi blog "Hobimu , Inspirasi Sekelilingmu" yang diselenggarakan oleh Hijup dan Bukalapak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar