Senin, 24 Juli 2017

Berani Bilang Iya Boleh! Untuk Bereksplorasi

Baby Sky | |
Assalamu'alaikum buibuk...

Long weekend yang lalu , saya dan Z berkesempatan datang di program Nestle DANCOW Explore Your World. Acara persembahan Nestle Dancow Advanced Excelnutri+ ini diadakan di mall Kota Kasablanka , dengan tema "Dukung Bunda dan Ayah Katakan "IYA BOLEH" untuk Explorasi si Kecil."

Z heboh bermain lego di area Smart City
Saat tiba di daerah program , saya penasaran dong , kenapa kok rame banget. Kenapa juga pakai tajuk "IYA BOLEH" segala. Ternyata , di sini ada beberapa permainan yang mengasah kemampuan si Kecil. Dengan aneka macam acara ini , Dancow bermaksud mendukung para orang renta untuk bilang "IYA BOLEH" , silakan bereksplorasi. Karena si Kecil sudah terlindungi dengan nutrisi yang cukup , kasih sayang orang renta , dan stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Sadar nggak sadar , kita sebagai orang renta suka sedikit-sedikit melarang anak. Mau main di taman , nggak boleh , takut kotor dan kuman. Padahal 'kan nggak papa asalkan setelah main , anak basuh tangan yang bersih. Mau hujan-hujanan? Nggak boleh , takut berair dan sakit. Padahal 'kan nggak papa asalkan anak sudah makan (perutnya nggak kosong) , lalu setelah main hujan , anak bisa mandi air hangat dan ibu siapkan baju yang bersih.

Iya juga ya. Aku suka melarang Z untuk hal-hal sepele , misalnya main perosotan di taman yang seringkali berlumpur , atau sekedar main genangan air. Z sudah bukan bayi lagi , dan perlu banyak bereksplorasi untuk menstimulasi kecerdasannya.


"Eksplorasi yakni adegan dari stimulasi. Kegiatan stimulasi bisa dilakukan di lingkungan sekitar rumah , ruang terbuka , dengan aneka macam kegiatan yang sederhana dan mudah ," tutur psikolog anak Ratih Ibrahim di program DANCOW Explore Your World.

Donita dan Svarga yang anteng banget di panggung
Rame banget yaaaa acaranya!
Acara ini juga turut menghadirkan pemain film Donita yang menekankan pentingnya tugas orang renta dalam melepaskan si Kecil untuk berani bereksplorasi. Svarga , buah hati Donita , sudah mulai berenang semenjak usia 3 bulan lho. Dan ia menikmatinya! Sayang Z kurang suka berenang di kolam umum , padahal jika di kolam mandi senang banget. Ah seleramu kok ya bejana tho nak. Atau mungkin harus punya private pool ya hahahaha (ngayal). 

Oiya , dikala anak bereksplorasi , tentu kita sebagai orang renta tetap harus mengawasi ya. IYA BOLEH , beri kesempatan , tapi pastikan lingkungan eksplorasinya terlindungi sesuai usia anak. Makara misalnya anak balita masih suka memasukkan barang ke lisan , jika sedang main pasir harus diperhatikan jangan hingga pasirnya dimakan hehehe.

Nah serunya , ada 4 area bermain di Nestle DANCOW Explore Your World untuk mendukung eksplorasi si Kecil. Ada Art Center dengan acara story telling dan hand painting; Central Park dengan teknologi augmented reality yang mengajak anak bereksplorasi wacana alam dengan tumbuhan sebetulnya serta hujan buatan; Play Park dengan wall climbing tematik , perosotan , kolam bola yang pasti seru banget buat motorik bocah; dan Smart City dimana si Kecil bisa membangun kota impiannya sendiri melalui media lego berwarna-warni.

Semua obyek permainan harus antri dulu sebab banyak peminatnya. Di dalam pun , anak akan diberi waktu bermain untuk melatih disiplin dan memberi kesempatan bagi yang lain untuk bermain.

Kemarin Z berkesempatan masuk ke area Smart City. Bagi Z yang berusia 18 bulan , bermain lego ini dapat menstimulasi pengetahuannya terhadap bentuk dan warna , juga untuk motorik halus. Saat ini sih ia belum bisa memasang sendiri balok-baloknya. Masih suka minta tolong ibu jika kesulitan menumpuk balok lego. Tapi Z menikmati mencocokkan bentuk yang sama , sambil teriak heboh jika sudah menemukan bentuk yang kembar. "Embuuu , ammaaaa!!!" katanya (Ibu , sama!).

Beberapa kali Z juga tampak memperlihatkan balok lego ke teman-teman di sebelahnya. Aku cukup terharu sih ia mau menyebarkan mainan. Biasanya 'kan anak seusia ini cenderung suka rebutan. Dengan mengamati , saya bisa tahu jika permainan lego ini selain mengasah kreativitas juga mengasah kemampuan sosialnya.

Asik sendiri
Display kota DANCOW yang terbuat dari lego
Z terdiam lihat display. Anak-anak orang lain disensor dulu yaaa mukanya , belum dapat ijin ortunya :p
Sayang setelah bermain di Smart City , kondisi Z sudah cukup mengantuk dan suasananya ramai sekali. (Ibunya) kepingin coba mainan yang lain tapi antriannya lumayan mengular hehehehe. Akhirnya Z lihat drama musikal di panggung wacana bawah umur yang bereksplorasi di taman dengan kupu-kupu , lalu bermain hujan , dan mimpi wacana diserang kuman tapi kumannya dilawan oleh badan yang kuat. Z ternyata suka lho lihat tari musikal begini.

Central Park , sekilas terlihat menyerupai Supertree di Singapura. Cakep yaaa..
Anak-anak yang lebih besar bakalan suka masuk ke Central Park ini , sebab disuguhi petualangan bereksplorasi dengan aneka satwa dan tumbuhan. Ada juga hujan buatannya , tapi jangan kuatir sebab anak sudah dipakaikan jas hujan.

Play Park yang banyak peminatnya. Z pasti juga suka dan gak mau udahan deh jika masuk situ..

Inovasi gres DANCOW Advanced Excelnutri+ mengandung ADVANCED PROTECTION dengan 3 pinjaman , yaitu pinjaman kanal pernafasan , daya tahan badan , dan kanal cerna. DANCOW Advanced Excelnutri+ mengandung lebih dari 3x Lactobacillus rhamnosus dibandingkan dengan formula sebelumnya , serat pangan inulin , DHA< omega 3 , omega 6 , protein dan kalsium untuk mendukung tumbuh kembang optimal. Dominasi kuman baik Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin membantu melindungi kanal cerna. Perlindungan kanal cerna ini penting sebab 80% daya tahan badan berada di kanal pencernaan.

Kalau sudah terlindungi dari segi nutrisi dan faktor keamanan lainnya , ibu-ibu pasti bisa percaya diri bilang "IYA BOLEH" dikala si kecil ingin bereksplorasi.

Srupuuuttt... cepat amat habisnya.
Oiya , selain di Jakarta , NestlĂ© DANCOW Explore Your World telah diselenggarakan di Medan (29-30 Maret) dan Surabaya (1-2 April) , serta akan diselenggarakan di kota-kota lainnya , yaitu Semarang (5-6 Agustus) , Solo (9- 10 September) dan Makassar (7-8 Oktober). Nestle DANCOW Explore Your World bisa menjadi daerah bagi si Kecil untuk berguru lebih berani dan mandiri. Ayah dan Bunda yang mendampingi si Kecil di NestlĂ© DANCOW Explore Your World juga bisa semakin yakin untuk bilang ‘IYA BOLEH’ untuk si Kecil bereksplorasi.

Aku harap tahun depan DANCOW mengadakan program menyerupai ini lagi , dikala usia Z sudah di atas 2 tahun dan bisa lebih berdikari dalam bermain :D

Bu , mau kendaraan beroda empat ini dong. IYA , BOLEH nak wkwkwkwk.... (aamiin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar