Rabu, 16 Agustus 2017

Memandikan Bayi Usia 1 - 2 Bulan

Baby Sky | | Memandikan bayi bisa jadi merupakan salah satu kegiatan yang baru bagi Ibu yang baru melahirkan anak pertama. Sebagian ibu muda , masih sering takut-takut dalam memandikan bayi , bahkan ada yang tidak berani seperti emaknya di rumah tuh.. Hihihihi. Ketika anak saya dulu masih berusia sampai satu bulan , dimandikan 1 kali sehari. Rutinitas memandikan ini dilakukan nenek dan kadang-kadang saya sebagai seorang Bapak juga memandikan . memandikan bayi biasanya dilakukan jam 7 pagi , karena waktu itu kami di Kota Padang jadi jam tujuh itu suhu udara sudah tidak terlalu dingin lagi. Ketika bayi memasuki usia lebih dari sebulan , mulai dimandikan dua kali sehari , sekali di pagi hari dan sekali di sore hari setelah Azan Ashar.


Jika ibu bertanya; berapa lama memandikan bayi usia 1 - 2 bulan? Maka konsep yang perlu dipahami dalam hal memandikan anak adalah konsep bersih , semakin ceptat selesai mandi semakin baik. Kalau waktu yang bisa saya perkirakan kurang lebih 3 menit.

Cara dan tahapan memandikan bayi usia dibawah 2 minggu (belum lepas tali pusar):
  1. Siapkan air hangat-hangat kuku untuk air mandi
  2. Lepas semua pakaian dengan hati-hati.
  3. Letakkan bayi di meja pemandian yang dialasi dengan perlak atau kain.
  4. Celupkan kain handuk atau sarung tangan handuk kedalam air hangat-hangat kuku yang telah disediakan tadi.
  5. Usapkan handuk atau sarung tangan mandi basah tersebut terlebih dahulu ke muka dan kepala secara lembut.
  6. Selanjutnya mengusap badan , perlu diperhatikan bagi bayi yang belum jatuh tali pusar sebaiknya ketika mengusap bagian perut , angkat tali pusar tersebut sehingga tidak ikutan basah. 
  7. Nomor 5 dan 6 dilakukan hanya sekali usapan (sekedar membasahi)
  8. Tetesi sabun bayi ke handuk atau sarung tangan mandi dan kucek hingga berbusa , sabuni wajah dan kepala , selanjutnya menyabuni seluruh badan.
  9. Besrsihkan sabun dengan menyiramkan air atau mencelupkan punggung anak kedalam bak mandinya , hati-hati jangan sampai air masuk telinga.

Cara memandikan bayi usia 1 - 2 bulan (sudah lepas tali pusar)

  1. Siapkan air mandi
  2. Setelah semua pakaian bayi dilepas masukkan kedalam bak mandi (kolam mandi) , posisi kepala tetap diatas air.
  3. Angkat bayi , letakan di meja mandi dan sabuni seluruh badan mulai dari kepala samapi kaki.
  4. Bersihkan sabun dari badan anak dengan cara menyiram badan bagian depan terlebih dahulu , setelah bagian depan bersih , telungkupkan dan siram bagian punggung.
  5. Cara lain membersihkan sabun pada bagian punggung adalah dengan mencelupkan bagian punggung bayi kedalam kolam mandi.
Perlengkapan mandi bayi:

  • handuk
  • sabun+shampo
  • perlak
  • spon sarung tangan

memandikan bayi baru lahir

Setelah selesai memandikan , segera bawa anak ke tempat kering , dan keringkan seluruh badannya dengan handuk lalu segera sisir rambut bayi sesuai dengan model rambut yang diinginkan , setelah itu minyaki kaki dan tangannya dengan baby oil dan beri sedikit pijatan. Seltelah memberi baby oil oleskan telon atau minyak kayu putih ke bagian perut , dada , leher dan punggung juga telapak kaki , pakaikan popok , baju , celana , sarung tangan dan kaki. SELESAI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar