Latest News

Lipbalm Tanpa Petroleum

Baby Sky | |
Assalamu'alaikum :D

Seba Med , L'occitane , Burt's Bees and EOS Lip Balm
Sebamed , L'occitane , EOS lip balm dan Burt's Bees Tinted Lip Balm

Pada postingan kali ini , saya mau me-review beberapa merk lipbalm tanpa petroleum. Di kemasan kosmetik , petroleum mampu juga disebut sebagai petrolatum / mineral oil / paraffin).

Kenapa sih dengan petroleum?
Faktanya , petroleum atau crude oil yaitu materi dasar BBM (halo Premium dan Pertamax) , minyak pelumas , hingga styrofoam. Ada proses distilasi yang dilakukan untuk mendapat produk sampingan , hingga jadi petrolatum yang dijadikan kosmetik itu (biasanya pelembab). [disarikan dari sini]


Apa bahayanya petroleum / mineral oil jika digunakan sebagai perawatan tubuh? Menurut sumber ini , beberapa alasan menghindari petroleum adalah:

  • Tidak dapat dicerna / diuraikan tubuh. Makara begitu diserap , si mineral oil akan bertahan di dalam badan dan mengkontaminasinya. 
  • Mungkin bersifat karsinogenik
  • Menutupi pori sehingga kulit tak mampu bernapas (ya , kulit jadi lembab sebab kelembaban alaminya 'ditahan' di bawah lapisan petroleum)
  • Dikaitkan dengan peningkatan kadar estrogen dalam tubuh

Baca artikel lengkapnya di sini.

Kali ini , yang mau saya review yaitu merk impor semua. Sebenarnya sudah banyak sih merk lokal yang memproduksi natural lip balm , tapi belum beli. Ada yang mau ngasih? Hihii...

1. Sebamed Lip Defense SPF 30

Brand asal Jerman ini , terkenal dengan kualitas body care-nya. Produk terlihat 'cukup menjanjikan' (karena brand-nya terkenal aman) , dibanderol dengan harga sekitar Rp 55.000 di drugstore.

Gambar diambil dari situsnya SebaMed

Klaim:
Supports and protects the natural barrier function of the skin's acid mantle
Without preservatives

  • Against the irritating , drying effects of environmental influences
  • Regenerates dry and chapped lips quickly and effectively , alleviating irritation and inflammation with vitamin E and bisabolol (camomile extract)
  • Nurtures sensitive lips with the intensive treatment properties of the essential plant extracts jojoba and rice bran , protecting them from dehydration
  • Defends the tender lip tissue with UVA and UVB filters against sun burn and its consequences

Ingredients:
Caprylic/Capric/Succinic Triglyceride , Cera alba , Isoamyl p-Methoxycinnamate , Ricinus communis seed oil , Caprylic/Capric Triglyceride , Ethylhexyl Salicylate , Tocopheryl Acetate , C12-15 Alkyl Benzoate , Oryza sativa bran wax , Simmondsia chinensis seed oil , Glyceryl Ricinoleate , Butyl Methoxydibenzoylmethane , Bisabolol , Parfum.

Harga vs Kualitas: Sebanding , ampuh melembabkan , bahannya aman , dan ada SPF pula
Hasil akhir: glossy ibarat habis makan gorengan
Repurchase? Yes , tapi pengen coba-coba merk lain dulu sih...

2. L'occitane Lip Balm

Lipbalm dengan size 2 gram ini saya beli di orang yang habis naik pesawat Garuda kelas urusan ekonomi :D Kalau ukuran aslinya , 5 gram , dapat dibeli di gerai L'occitane seharga Rp 142.000.

Gambar diambil dari situsnya L'occitane

Klaim:
Lip balm ini memperbaiki , menenangkan dan melindungi bibir dari aksi iklim. Dengan cepat mengembalikan kehalusan dan well being bibir. Menjadikan bibir infinit muda serta lebih halus.
Harga vs Kualitas: Terlalu mahal sih menurutku >_< Tapi melembabkan dan cocok kalau mau ditumpuk lipstik sebab nggak berminyak.
Hasil akhir: matte
Repurchase? Kalo dibeliin , mau. Beli sendiri , enggak.

3. EOS Lip Balm in Passion Fruit

Tertarik banget produk ini karena... bentuknya! Lucu banget kan , ada lip balm bentuknya kayak telur , cara pakainya dengan dikecup :* Muahhh!!!

EOS lipbalm passion fruit

Klaim:
eos lip balm in Summer Fruit is 95% organic , 100% natural , and paraben and petrolatum free. Packed with antioxidant-rich vitamin E , soothing shea butter and jojoba oil , eos keeps your lips moist , soft and sensationally smooth.
  • Long-lasting moisture
  • Shea butter & vitamin E
  • Smoothes on clear
  • Precisely glides on lips
  • Twist-off top
  • Gluten-free
  • Paraben-free
  • Petrolatum-free
  • Phthalate-free
  • 0.25 oz

Harga vs Kualitas: Di luar negeri , ini cukup murah! Sekitar $ 3.5. Bahan aman dan kemasan lucu , what more a girl can ask for?
Hasil akhir: matte dengan sedikit rasa manis saat dijilat (eaaa ketauan suka jilatin bibir)
Repurchase? Yes , tapi titip orang yang ke luar negeri :)))

4. Burt's and Bees Tinted Lip Balm in Rose

Ini salah satu favoritku :D Cocok buat ke pasar atau ke mall erat rumah kalo lagi males dandan. Pas dipakai , ada sensasi geli-geli di bibir , tapi bikin bibir jadi halus banget. Kerut-kerut di bibir berasa hilang. Mungkin ibarat lip plumper nih.


Warnanya sheer , tapi cukup mencerahkan. Aku pilih warna Rose yang gonjreng sebab kadang bibirku berwarna gelap (terutama kalo lagi kurang minum). Kalau pakai shade yang muda , kayaknya bakal kalah deh tint-nya.

Buat bukti kenapa lipbalm ini cocok buat sehari-hari:
Muka polos! :P Sumpah ini udah mandi lho!
Efeknya ke muka jadi lebih cerah ya :))) Lumayan banget kalo malas pake lipstik. Kalo lipstik kan nggak baik dipakai terus-terusan (apalagi dibawa tidur). Pakai Burt's Bees ini hati tenteram walau dipakai seharian hingga tidur. (Suami: "Yak kau ngapain tidur pake lipstik??" | Istri: "Yeee ini lipbalm kaliii...")

Klaim:
For just a hint of color and a whole lot of conditioning. The Botanical Waxes in these softly tinted balms will take your lips to lovely in one pretty swipe. Mengandung Shea Butter & Botanical Wax.
Harga vs Kualitas: Di luar negeri , harganya $ 7. Bahan aman dan kemasan lucu , what more a girl can ask for?
Hasil akhir: sedikit glossy dan berwarna transparan , bibir super lembut
Repurchase? Yes , tapi titip orang yang ke luar negeri :p

Kesimpulan 4 merk di atas:

So far , keempat merk yang kuposting ini melembabkan bibir , asal rajin pakai lho ya. Bibirku tipe yang kalau lagi kering mampu sampe ngelupas-ngelupas. Makara sehari minimal 2x usap lipbalm deh. Tapi saya paling suka Burt's Bees sebab efek lembutnya eksklusif terasa , dan berwarna pula :D

Sekian dulu postingan wacana lipbalmnya. Maap ya endingnya agak horor , ada foto muka gede banget :))) Semoga tidak merusak selera makan.

Kalau ada yang punya rujukan lip balm non-petroleum , boleh lhooo tulis di komen. Yang mau nyumbang lip balm buat saya review juga boleh :D *ngarep

Lost Comments , from 42 Comments:


0 Response to "Lipbalm Tanpa Petroleum"