Sabtu, 19 Agustus 2017

Buah Untuk Bayi 8 Bulan

Baby Sky | | Buah untuk bayi 8 bulan sebagai makanan pendamping ASI , untuk itu pemberian buah juga hanya sekedar selinga saja. Umumnya bayi 8 bulan sudah tumbuh gigi tapi belum cukup untuk mengunyah makanan. Untuk itu buah diberikan dalam keadaan dilumatkan atau di jus. Semua buah-buahan bisa diberi , selain sebagai MP ASI juga bisa melatih menggemgam dan makan makanan selain asi. Untuk mengajar anak menggenggam makanan biasanya digunakan biscuit bayi atau potongan buah apel. Pelru disadari bahwa bayi 8 bulan suka memasukkan benda yang digenggam kedalam mulut , oleh karena itu demi keamanan sebaiknya mereka menggenggam makanan atau buah agar lebih aman.

Contoh buah-buahan untuk bayi 8 bulan

  • Pisang , diberi berupa potongan kecil. Saat ini pisang tidak perlu digerus lagi beda halnya dengan bayi 6 bulan yang belum memiliki gigi.
  • Jeruk , dibuang kulit arinya hingga tinggal bagian daging (bulir) atau bisa juga di jus.
  • Semangka , buang bijinya dan potong kecil-kecil.
  • Apel , untuk digenggam beri dalam bentuk potongan agak besar , sedangkan sebagai selingan potong kecil-kecil.
  • Melon , mengandung banyak air sangat mudah dijus , bisa juga diberi dalam potongan kecil untuk anak bayi.
  • Mangga , pilih manga berserat halus seperti arum manis , manga golek dll , ptong dalam ukuran kecil.
  • dll

Perlu diperhatikan menyuapi buah dalam ukuran kecil , pastikan ukuran tersebut bisa langsung ditelan bayi. Pada usia 8 bulan kebanyakan bayi belum terbiasa mengunyah makanan sebelum ditelan , sehingga bila kita memberinya dalam ukuran terlalu besar dapat menyebabkan bayi tersedak bahkan muntah (berdasar pengalaman). Memberi buah pada bayi juga tidak boleh terburu-buru , pada suapan berikutnya pastikan mulut sudah kosong.

contoh pisang utuk bayi 8 bulan

Pada dasarnya semua jenis buah-buahan cocok dijadikan sebagai MP ASI , selama tekstrunya lembut/ dilumatkan. Namu khusus untuk pisang dan salak perlu ketelitia dalam memilih jenisnya. Jenis pisang goreng kurang cocok diberi utuk bayi , karena dapat menyebabkan susah BAB , untuk itu pilih jenis pisang seperti pisag ambon , barangan , pisang emas , pisang susu dan lain-lain.

Sangat perlu diingat bahwa makanan utama bayi umur 8 bulan adalah ASI , oleh karena itu Ibu menyusuilah yang paling membutuhkan konsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup agar produksi ASI tetap mencukupi kebutuhan bayi. sederhananya “Ibu sehat bayi selamat” , semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar