Latest News

Buah-buahan untuk bayi 7 bulan

Baby Sky | | Status buah untuk bayi 7 bulan sama saja dengan pada bayi 6 bulan , yakni sebagai makanan MP ASI , boleh diberi tapi bukan sebagai menu utama. Sebaiknya menu utama makanan bayi hingga usia 2 tahu tetap ditekankan pada ASI , terkecuali produksinya telah menurun drastis atau berhenti. Sebagai MP ASI pemberian buah juga hanya sekedar selingan saja atau sekedar mengajarkan anak untuk makan sesuatu. Perlu diingat di usia 7 bulan sebagaian bayi belum memiliki gigi , kalaupun sudah jumlahnya baru dua yakni gigi seri bawah.
buah untuk bayi 7 bulan

Gigi seri bawah pada bayi belum mampu melumatkan makanan , oleh karena itu pemberian buah-buahan juga harus dalam bentuk lumatan atau jus (sari buah). Sifat buah juga sebaiknya tidak asam , di usia 7 bulan lambung bayi belum sesempurna lambung orang dewasa dalam mencerna makanan.

Jenis buah-buahan untuk bayi 7 bulan

  • Pisang , beri dengan cara digerus atau dilumatkan. Jenis buah pisang cocok diantaranya; pisang ambon , barangan , pisang emas dan lain-lain. semua jenis pisang untuk gorengan tidak cocok untuk bayi.
  • Buah manga berserat lembut contohnya , daging buah manga arum manis , manga golek dll. Beri dengan cara dipotong kecil-kecil atau dijus.
  • Buah melon , beri dengan cara dipotong kecil-kecil , dihaluskan atau dijus.
  • Buah semangka , beri dengan cara dipotong kecil-kecil atau dijus
  • Alpukad , potong kecil-kecil atau dijus.
  • dll

Pada proses pembuatan jus buah untuk bayi sebaiknya jangan ditambah dengan gula , rasa manis dari buah itu sudah cukup untuk mereka. Berdasarkan pengalaman anak kami di usia 7 bulan sudah bisa memakan jeruk yang dibuang kulit ariya , giginya memang termasuk tumbuh cepat namun jika ada bayi yang belum tumbuh gigi hingga usia 8 bulan tidak perlu khawatir , selengkapnya tentang bayi tumbuh gigi baca di sini.

Semua jus buah dan sayur cukup baik diberi pada bayi 7 bulan , hanya saja sifatnya harus tetap sebagai makanan pendamping ASI. Jadi alangkah lebih baik lagi jika ibu menyusui yang banyak mengkonsumsi buah dan sayuran agar produksi ASI tetap mencukupi kebutuhan . Ingat bahawa buah dan sayur dapat meningkatkan produksi ASI (baca buku posyandu atau tanya dokter). Kadang malah sebaliknya , bayi usia 7 bulan diberi buah tapi kecukupan gizi ibunya tidak diperhatikan.

Demikianlah sharing singkat pengalaman memberi buah pada bayi usia 7 bulan , semoga bermanfaat dan silahkan berbagi pengalaman  via komentar dibawah. Baca juga cara dan jadwal memberi makan bayi 7 bulan di sini.

0 Response to "Buah-buahan untuk bayi 7 bulan"