Kamis, 27 Juli 2017

Memilih Kemasan Penyimpanan ASI Yang Baik

Baby Sky | |
bukan botol penyimpan asi dan susu
ASi sangat penting untuk pertumbuhan anak. Oleh hasilnya bayi harus tetap menerima asi walaupun si ibu menyusui seorang yang sibuk (wanita karir). Saat ini ada beberapa kantor yang menyediakan ruangan khusus untuk ibu menyusui tapi masih banyak juga kantor yang tidak memiliki akomodasi ini. Sebagai solusinya Ibu dapat memerah ASI dan menyimpannya dengan kemasan yang baik.

Pada dasarnya ASI tahan lama kalau disimpan di lemari pendingin dengan menggunakan kemasan yang tepat. Ada beberapa jenis materi pembuat kemasan penyimpan asi yang beredar di pasaran dikala ini; plastik lentur , plastik keras , stainlessteel , dan kaca. Dari semua materi tersebut beling merupakan materi yang paling aman dari kontaminasi tapi paling sulit berkaitan dengan transportasi dan penyimpanannya di lemari pendingin alasannya yaitu materi beling rentan dengan pecah.

Kemasan penyimpan ASI yang paling banyak dan mudah ditemukan di pasaran yaitu kemasan berbahan plastik. Khusus untuk materi yang satu ini perlu ketelitian dalam memilih. Setiap kemasan makanan berbahan plastik wajib mencantumkan instruksi jenis plastik yang digunakan , kode-kode tersebut memiliki arti yang berbeda-beda , ada instruksi yang berarti dapat digunakan berulang , ada juga yang hanya dapat digunakan sekali saja. Untuk jelasnya berikut arti dari kode/ symbol (type) plastik pada kemasan penyimpan makanan:

  1. PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate): symbol segitiga berpanah dengan angka satu di tegah , plastik jenis ini hanya dianjurkan untuk sekali pemakaian pola kemasan air mineral.
  2. HDPE (High Density Polyethylene) segitiga berpanah dengan angka 2 di tengah , tahan tehadap suhu tinggi , tapi juga dianjurkan hanya sekali pakai.
  3. PVC (Polyvinyl Chloride) symbol segitiga atau bulat dengan angka 3 ditengah , tidak baik digunakan untuk menyimpan materi makanan , apalagi ASI.
  4. LDPE (Low Density Polyethylene) logo segitiga daur ulang atau bulat dengan angka 4 di tengahnya. Baik digunakan untuk menyimpan materi makanan secara berulang.
  5. PP (polypropylene) angka 5 , merupakan materi plastik terbaik untuk kemasan makanan dan minuman begitu juga sebagai penyimpanan ASI dan makanan bayi.
  6. PS (Polystyrene) instruksi angka 6 , tidak baik untuk menyimpan makanan dan sulit didaur ulang.


Sebenanya masih ada beberapa system pensymbolan jenis plastik kemasan , tapi pada intinya yang paling aman dan nyaman yaitu dengan symbol angka 5 ditengahnya (PP (polypropylene)). Untuk itu carilah kemasan untuk ASI dengan materi yang terbaik.

Kemasan yang terbuat dari stailessteel atau juga cukup baik untuk penyimpanan ASI , sedangkan logam lain menyerupai besi tembaha dan lain sangat tidak dianjurkan untuk penyimpanan Air Susu Ibu , mungin alasannya yaitu dapat bereaksi kali ya.

Dari semua materi di atas memang materi yang paling aman yaitu kemasan yang terbuat dari beling , namun produk kemasan penyimpan ASI dari beling sangat jarang kita temukan di pasaran. Mungkin alasannya yaitu kurang disukai kali ya. Itulah sedikit ihwal memilih kemasan penyimpanan ASI yang baik , biar bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar