Rabu, 26 Juli 2017

Cara membiasakan bayi tidur sendiri (tanpa digendong)

Baby Sky | | Untuk menidurkan bayi umur dibawah 7 bulan biasanya harus digendong atau disusui , hal ini bahwasanya karena kebiasaan. Namun terkadang pola tidur menyerupai ini dapat mengganggu kegiatan orang renta (ibu dan bapak) atau pengasuh. Kasus menyerupai ini biasa terjadi pada anak yang selalu digendong atau ditimang setiap kali ia menangis. Oleh karena itu kali ini saya ingin menyebarkan tips biar anak dapat mulai tidur sendiri. Agar lebih singkat dan mudah dipahami eksklusif saja lihat dibawah ini:

  1. Anak umur 7 bulan keatas sudah mampu bermain sendiri atau menyukai  (benda-benda tertentu) untuk dimainkan atau digigit-gigit. Makara ketika ingin menidurkan bayi tanpa harus digendong atau disusui beri ia mainan tersebut.  Ketia ia bermain bersama benda tersebut ajaklah berbicara , contohnya  menyentuh bagian-bagian tubuhnya sambil menyebutkan nama adegan badan tersebut. Biasanya anak cukup menyimak ketika kita mengucapkan nama-nama adegan badan ini , dan semakin lama menyimak maka ia akan semakin mudah tertidur.
  2. Nyanyikan beberapa lagu-lagu anak sambil berinteraksi dengan bayi yang berada dalam posisi tidur (contonya menepuk-nepukkan kedua tangannya)
  3. Untuk awal-awal membiasakan anak tidur sendiri maka anda juga sebaiknya ikut berbaring disebelahnya , biarkan ia berguling bebas sampai terkantuk.
  4. Jika bayi menangis jangan eksklusif di gendong ,  menangis itu hal yang biasa jadi jangan terlalu cepat untuk cemas kalau anak menangis.
  5. Sebelum tidur sendiri pastikan ia sudah makan dan minum , juga pastikan ia sudah cukup bermain.  Biasanya anak juga mudah tertidur kalau telah lelah bermain.
  6. Tetapkan jadwal tidur rutin.

Inti dari membiasakan anak tidur sendiri terletak pada kebiasaan orang tuda atau pengasuhnya. Jika orang renta selalu membiasakan diri mengendong anak ketiak menangis maka yakinlah anak akan sulit untuk dapat diajarkan tidur sendiri. Jika selama ini kebiasaan mengendong ini dilakukan sebaiknya mulai dikala ini mulai dikurangi. Sebenarnya untuk menghentikan tangisan bayi tidak hanya dengan cara digendong , dengan menunjukkan beda  (mainan) yang menarik perhatiannya juga mampu kok.

Itulah sekilas tips singkat yang biasa saya lakukan sehingga sekarang anak saya sudah mampu tidur sendiri tanpa harus digendong atau ditimang-timang. Mudah-mudahan mampu bermanfaat buat anda. Jika anda memiliki tips berbeda dalam mebuat kebiasaa mereka mari menyebarkan di blog sikecil anak bayi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar