Latest News

Naik Pesawat Berdua Baby Z Ke Tarakan!

Baby Sky | |
Assalamu'alaikum!

Whoaaa Mrs. Tiananana naik level. Setelah pede terbang berdua bayi ke Surabaya , bulan lalu kami naik pesawat berdua ke Tarakan. Ya , Tarakan , kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara.

Foto waktu transit di Balikpapan.
Penampilan udah nggak terang , pake jilbab instan , bawa tas bayi super gede , pake gendongan , plus nursing cover lupa dilepas :p

Ngapain kami ke Tarakan? Alasannya ialah , pak suami lagi dapat dinas ke kota itu , dan di sana ada oom dari pihak suami. Mumpung ada kesempatan , nggak ada salahnya 'kan menyambung tali silaturahim.

Jujur aja sih , semenjak pertama suami melontarkan ilham supaya gue dan baby Z nyusul ke sana , hati ini cukup deg-degan. Okelah beberapa bulan lalu gue mampu bawa bayi terbang dari Jakarta ke Surabaya , tapi durasi penerbangannya singkat (1.5 jam terbang + sekitar 2 jam waktu tunggu). Nah untuk ke Tarakan , gue harus naik pesawat 2 jam ke Balikpapan dulu , transit 1 jam , gres lanjut ke Tarakan dalam waktu 1 jam. Plus waktu tunggu sekitar 2 jam di Cengkareng.

Nggak ada pilihan pesawat direct , bu? Oh ada sih. Tapi penerbangannya jam 5 pagi. Kalo ambil penerbangan yang itu , artinya gue harus berangkat dari rumah berduaan bayi jam 3 pagi dong? Tidaaaakkk...!!! Males banget ah. Naik Sriwijaya aja deh yang agak siangan , walau transit sepertinya lebih nyaman timing-nya.

Apakah semua bakalan berjalan lancar??



Hari H perjalanan pun tiba. Aku udah menyiapkan bekal sup sayur dan perkedel kentang daging buat makanan bayi , jus yang dibekuin , dan aneka snack kering. Insya Tuhan perbekalan aman , mampu buat makan baby Z sampe malam.

Di Bandara Cengkareng Berdua Bayi...

Pesawat Sriwijaya tujuan Jakarta-Balikpapan dijadwalkan jam 2 siang. Artinya gue harus berangkat dari rumah sekitar pukul 11-an. Ini bikin problem , pengennya 'kan sholat zuhur dulu sebelum berangkat , tapi takut nggak nutut. Akhirnya gue memutuskan jaga wudhu dari jam 11 aja deh semoga mampu eksklusif solat di bandara...

Ternyata.. Dari naik Uber ke bandara aja si bayi udah rewel. Entah aura mobilnya nggak enak atau kenapa , si bayi cranky abis! Bawaannya pengen ndelosor di karpet mobil. Ih kan kotor ya cyin. Baby Z gres mampu anteng setelah hingga di bandara.

Inget tadi gue jaga wudhu? Akhirnya gagal total alasannya ialah sampe Cengkareng gue kebelet pipis T_T

Trus gue musti wudhu lagi dong. Gimana wudhu sambil gendong bayi?? Karena hal tersebut impossible , alhasil gue dudukin aja si bayi di mushola. Ya Tuhan gue titipkan bayiku sebentar , semoga aman. Kutebar mainan bayi di sekelilingnya supaya anteng. Alhamdulillah daerah wudhunya super akrab dengan daerah sholat , gue wudhu sambil mengawasi baby Z yang jerit-jerit gue tinggalin. Baby Z lagi fase-fase separation anxiety , nggak mau lepas dari gue sama sekali. Sholat pun terkadang sambil menggendong si bayi.

Beres sholat (yang kadang kala sambil gendong bayi) , gue cari makan. Karena udah lapar berat , begitu lihat gerai resto yang jual sandwich , eksklusif kubeli. Makan sandwich kan praktis ya , mampu sambil gendong bayi. Eh habis beli sandwich gue liat bapak-bapak makan nasi padang nikmat bener. Zzzzzz sebellll udah terlanjur bayar sandwich 50rebu!!! Ternyata di food court-nya ada gerai warung Padang!

Buat hiburan , kubeli jus apel murni , no ice no sugar , semoga mampu diminum berdua baby Z. Alamak ternyata jusnya disembur-sembur , lembap dahhhh bajunya. Ganti baju deh.

Berdua Baby Di Pesawat Menuju ke Tarakan...

Trus ternyata pesawat ke Balikpapan delay 15 menit. Trus sudah masuk pesawat pun ga take off-take off , alasannya ialah antri :))))

Drama banget ya.

Aku bersyukur banget di pesawat , dingklik tengahnya kosong. Lalu di sebelahnya ada ibu-ibu baik banget , bu Maya namanya , yang ternyata kenalannya oom-ku di Tarakan. Sepertinya semesta mempertemukan kami , gue yang bawa anak sendirian , dingklik tengah yang kosong , dan dia yang suka anak kecil. Dari obrolan kami , kami jadi tau jikalau ternyata tujuan kami sama ke Tarakan , dan kursinya pun tetap bersebelahan di penerbangan berikutnya.

Baby Z mampu main-main di dingklik tengah yang kosong (setelah tanda sabuk pengaman dipadamkan). Sang ibu baik hati , bu Maya , juga banyak membantuku , ngajak main si bayi , bantu gue merapikan barang bayi yang tercecer kemana-mana.

Oiya , pesawat Sriwijaya ke Balikpapan waktu itu dapat makan siang lho! Kebetulan banget gue lagi kangen makanan pesawat , yang biasa diwadahi aluminium foil itu (#bukanNgidam). Lumayan deh buat ngisi perut.

Lalu apakah si bayi tidur sepanjang perjalanan? OHHH TERNYATA DIA MELEK dari awal hingga simpulan penerbangan T_T Agak cranky pula alasannya ialah gak tidur-tidur walaupun udah disusui. Sempat pula kuajak jalan-jalan di dalam pesawat supaya lebih tenang.

Alhamdulillah pesawat pun mendarat sekitar jam 5.30 WITA.

Transit Di Balikpapan

Ini dia pertama kalinya gue menjejakkan kaki di tanah Kalimantan. WOW. Pertama kalinya berdua bayi pula , beruntung banget kau baby Z!


Entah alasannya ialah udah capek ato emang mata siwer , Trolley Man ini kebacanya Lonely Man wkwkwkwk

WOW berikutnya adalah... Bandara Balikpapan BAGUS BANGET!!! Subhanallah , berasa di luar negeri deh! Bandara barunya Surabaya aja kalah broooo (menurut gue yaa).


Baby Z udah bosan banget digendong , dan alhasil kubiarkan melantai... Nggak papa lah kotor , daripada dia rewel. Di bandara ini pun si bayi nggak tidur.

Penerbangan Balikpapan - Tarakan

Ternyata kena delay lagi :o Allahu akbar. Alhamdulillah gue dan baby Z masih diberi kekuatan dan kesabaran. Pesawat gres berangkat jam 7 malam (harusnya jam 7 itu sudah hingga Tarakan).

Alhamdulillah (lagi) , dingklik tengah lagi-lagi kosong , memberiku keleluasaan buat menyusui baby Z. Si bayi pun tidur (tepar) sepanjang penerbangan kami yang kedua ini. Capek ya nak...
Sebelum berpisah , foto dulu sama bu Maya. Really nice to know you , bu! :)


Kami tiba di Tarakan satu jam kemudian , menunggu bagasi , dan bertemu bapaknya si bayi + oom kami pukul 9 malam.

Kaprikornus , gue berangkat dari rumah jam 11 siang , trus gres hingga di Tarakan jam 9 malam???

Super sekali :D Rasanya pengen cepat-cepat hingga hotel , mandi , dan menjatuhkan tubuh ke kasur. Eh tapi 'kan kudu bongkaran koper dulu. Mandiin bayek dulu. Nyuci alat makannya bayek dulu :))))

Mengingat pengalaman ini , bikin mikir nggak mau melaksanakan perjalanan panjang lagi dalam waktu dekat. Masih capek cyin! Tapi seru juga sih , nggak terlupakan. Plus mampu silaturrahim ke oom tante di Kalimantan , belum tentu ada kesempatan lagi.

Perjalananku yang malesin ialah alasannya ialah banyak delay-nya aja sih , jadi terkesan capek banget. Untung pas pulang ke Jakarta , ada pak suami. Kaprikornus lumayan ada yang bantuin bawa barang-barang bayi hehehe.

Kamu ada drama-drama seputar terbang bersama bayi nggak? Pokoknya nggak bikin kapok traveling 'kan? :D

0 Response to "Naik Pesawat Berdua Baby Z Ke Tarakan!"